Stripping Menspad Dengan RLR Laundry Treatment

Seperti halnya popok kain (baca : clodi), pembalut kain (baca menstrual pad/menspad) juga memerlukan stripping untuk menghilangkan residu darah dan deterjen yang tertinggal. Berikut langkah-langkah stripping menspad menggunakan RLR laundry treatment :

1. Siapkan lima liter air bersih dalam ember dan menspad yang akan di-stripping. Air sebanyak ini bisa dipakai untuk merendam 10 menspad. Masukkan satu sendok makan bubuk RLR laundry treatment ke dalam air bersih di ember. Aduk-aduk sampai bubuk RLR laundry treatment tercampur merata dengan air.


Gambar 1. Air yang telah diberi RLR laundry treatment

 

2. Masukkan menspad ke dalam ember sampai terendam seluruhnya. Remas-remas menspad dalam air lalu diamkan hingga 30 menit.


Gambar 2. Menspad yang direndam di larutan RLR laundry treatment. Busa-busanya muncul, artinya residu yang ada di menspad berreaksi dengan RLR laundry treatment.

 

3. Setelah 30 menit, kucek atau remas-remas menspad dalam air lalu bilas menggunakan air bersih sampai busanya hilang dan air bilasan jernih.


Gambar 3. Tampak air di ember menjadi keruh setelah perendaman menspad selama 30 menit.

 

4. Peras menspad dengan tangan, kedua tangan sejajar. Sebaiknya tidak memeras menspad dengan cara memuntirnya.

Gambar 4. Air perasan pertama setelah perendaman menspad tampak keruh

 

5. Jemur menspad dengan bagian dalam (inner) menghadap ke atas.

 

6. Lakukan stripping secara berkala, misalnya setiap masa menstruasi selesai agar menspad lebih awet.

7. Sebagai tambahan, biasanya setelah selesai melakukan stripping, tangan mungkin akan terasa agak panas. Tapi tidak perlu khawatir, RLR memang terasa agak panas kalau mengenai kulit.

admin